Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia
Jl. Veteran I No.10 Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Indonesia

Who doesn’t know Ragusa Ice Cream?
Es krim Ragusa ini terkenal banget saya sih taunya ya dari Ahmad hahahaha sumprit kudet banget lah karena merupakan salah satu toko es krim tertua, di mana mesin pembuat es krimnya masih pakai peralatan sederhana/jadul dan tentunya yang bikin makin khas adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis tambahan.

Ragusa Es Italia adalah toko es krim yang berdiri sejak tahun 1932 di Batavia. Produk es Italia yang dijual ditoko ini menggunakan bahan dasar susu sapi segar sehingga menghasilkan es krim dengan tekstur yang lembut dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Dari Wikipedia Indonesia

Sedikit cerita latar belakang kenapa kami memutuskan jalan ke Ragusa…
Waktu jaman-jamannya belum saling naksir apalagi pdkt boro-boro banget lah, Ahmad sering nyeloteh “Ke Istiqlal yuk! Nyobain es krim Ragusa!”
Waktu itu sih, saya biasa aja dor!, yah cuma sekadar cari tahu via Google sambil “Oooh, yang kayak gini, oke deh jalan, tapi bayarin yak!” giggles, dasar ga mau rugi XDv Dan timing waktu dia ngajakin itu pas di kantor demand kerjaan lagi tinggi, pulangnya sore banget nyaris malam, jadi yah…ga kesampean deh.
Usut kena usut juga ide ke Ragusa itu berawal dari mantan (pacar apa gebetan)nya Ahmad. Haha iya emang ga penting.
So…setelah sekian lama waktu berlalu, akhirnya kesampean juga jalan ke Ragusa pas weekend. Dan alhamdulillahnya kami pun sudah jadian #LANTASXD

Pintu Depan Ragusa Es Italia
Pintu Depan Ragusa Es Italia
Dari Wikipedia Indonesia

Finding Ragusa…
Karena kami perginya setelah Magrib, ditambah kondisi cuaca yang masih hujan, agak sulit juga menemukan Ragusa. Karena jujur, plang namanya biasa aja lemme repeat: BIASA, pencahayaannya pun cenderung remang.
Tapi karena saya inget font plangnya Ragusa pas cari di Google, akhirnya ketemu juga. Biasanya di depan Ragusa banyak penjual makanan lain kayak nasi goreng, sate, dll. Mungkin kalau ga lihat plangnya, bisa terkecoh juga itu bukan Ragusa.

What’s inside…
Faktor hujan, ditambah cafe nuansa tradisional, jadi jangan harap suasananya damai dan ada pelayan mencarikan tempat duduk lalu mempersilakan masuk. Ditambah itu weekend yah, ramainya wow banget!
Sedikit rieut juga nyari tempat duduk, untungnya ada keluarga baik hati yang sudah selesai dan mempersilakan kami duduk yay!.
Setelah saya duduk, akhirnya Ahmad melenggang ke kasir buat pesan. Antrian di kasirnya panjang juga bro!
Jadi di sini sistemnya self service, pesen – bayar – ambil sendiri. Nah berhubung antriannya lagi panjang, disarankan sih jangan kelamaan galau mau pesen apa kecuali mau dibentak sama cici kasirnya huehehe. Kelar bayar baru bisa ambil pesenannya.
Kalau hari biasa, pas lagi sepi mungkin ya, piring es krim yang dipakai biasanya beda. Berhubung lagi weekend, kami cuma kedapetan pakai sterofoam aja. Tapi ya ga masalah juga sih, sikat brooo!

Kiri: Banana Split Kanan: Coupe de Maison
Kiri: Banana Split
Kanan: Coupe de Maison

Banana Split
Banana Split

How’s the ice cream taste?
Es krim yang kami coba adalah Coupe de Maison dan Banana Split.
Alasan? Ga jauh-jauh dari saya yang suka pisang #infopenting.
Karena kami bukan tipe orang yang suka banget es krim rasa super manis, bisa dibilang es krim Ragusa sesuai sama selera kami. Karena memang rasanya mungkin sebagian orang akan bilang hambar, rasanya ga sekuat/semanis es krim-es krim biasa. Maklum, es krim Ragusa tidak pakai pemanis biasa ga sempet ngoprek pembuatannya juga sih haha.
Apalagi es krimnya yang teksturnya padat dan ga cepet leleh, buat sambil duduk santai enak banget. Lumayan deh ngabisin buat ngabisin satnite bareng pacar #tetep

How to go there…
Mungkin ini pertanyaan yang sering muncul. Gimana caranya ke Ragusa tanpa takut nyasar?
Well, karena kami pengguna setia angkutan umum bilang aja ga punya mobil atau motor hahaha, ya maklum lah anak kos dua-duanya :v, ada beberapa alternatif.
1. TransJakarta a.k.a busway
Ragusa ini deket banget sama halte busway Juanda, letaknya di Koridor 2 (rute Pulogadung – Harmoni; arah Harmoni) dan Koridor 3 (rute Kalideres – Pasar Baru).
Bagi yang dari koridor lain, tinggal transit di Harmoni Sentral lalu pindah ke Koridor 3.
Simpel kok sebenernya, apalagi halte Juanda deket banget sama halte Harmoni, tapi permasalahan yang sering dialami (sesuai dengan pengalaman Ahmad juga) busway koridor 3 biasanya rame banget antrinya. Sudah ramai antri, biasanya bis yang masuk di Harmoni pun penuh. Bagi yang ga biasa desek-desekan di bis ga disarankan yah…
2. Kereta commuterline
Ini akses yang kami pakai kemarin! terus bangga gitu, Ne #plak
Buat yang jauh dari Bogor, Bekasi, Tangerang, atau manapun yang bisa dijangkau dengan commuterline, lebih baik pakai ini deh. Di mana turunnya? Di Stasiun Juanda.
Stasiun Juanda ini pas banget seberang Jalan Veteran I tempatnya Ragusa. Dan enaknya lagi, stasiunnya udah terintegrasi sama jembatan penyebrangan di pintu keluarnya terintegrasi sama halte busway juga, jadi ga usah khawatir lagi buat nyebrang jalan apalagi kalau tiba-tiba hujan. Insya Allah aman!
Fyi, kami kemarin ke Ragusa naik commuterline dari Stasiun Gondangdia lho! deket banget cuma beda 1 stasiun bwahahahaha
3. Taksi
Ragu naik busway? Ragu naik kereta?
Cara terakhir yang bisa ditempuh adalah naik taksi. Insya Allah supirnya tau kok Ragusa, di samping Istiqlal.
Oh ya, karena belakangan banyak beredar modus pencurian di taksi, selektif ya memilih taksinya. Dan pastikan juga untuk ga bepergian sendirian, terutama untuk yang cewe. Better safe than sorry, girls :)


Short Review & Summary
★★★✩✩
Don’t expecting too much, namanya juga cafe jadul, segalanya masih serba sederhana, jadi saranku jangan kasih ekspektasi terlalu tinggi kalau mau ke Ragusa. Dan buat penyuka manis, aku pribadi ga nyaranin untuk coba karena rasa manisnya biasa.
Tapi buat yang ingin coba sensasi baru makan es krim yang lelehnya lama beneran lama lho hihi sambil duduk-duduk santai sama keluarga/orang terdekat, boleh banget coba ke Ragusa!
Oh ya, disarankan kalau mau suasana yang tenang, datangnya jangan pas weekend ya hihi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *